Sesi 5 Strategi Organisasi

Sesi 5 Strategi Organisasi

Selamat berjumpa kembali di Tutorial Online pada inisiasi ke 5 (lima), yang akan di bahas pada pertemuan kali membahas modul 6, modul ini saya wajibkan anda membaca modulnya, setelah membaca modulnya silahkan anda berdiskusi pada ruang yang sudah disediakan.

Organisasi besar umumnya menggunakan strategi ganda dalam usaha mencapai tujuan. Strategi dirumuskan sesuai dengan tingkatan organisasi, yaitu pada level fungsional, bisnis dan level korporasi. Selamat Belajar, jangan lupa baca Modulnya hingga selesai.

Capaian Pembelajaran:

Secara umum, setelah mempelajari modul matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisa organisasi dan hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sedangkan secara khusus, mahasiswa mampu menjelaskan Strategi.

Salam,
Tutor.

Catatan: Ini adalah rangkuman materi Sesi 5.
Untuk melihat daftar lengkap semua rangkuman modul (Sesi 1-8) dari mata kuliah ini dan mata kuliah lainnya, silakan kunjungi Halaman Indeks Utama.

→ Kunjungi Daftar Isi Lengkap di Sini

Rangkuman Materi Sesi 5: Strategi Organisasi (Modul 6)

Berikut adalah rangkuman dari materi inisiasi 5 (Modul 6) berdasarkan file "Materi 5 Strategi Organisasi.pptx":

A. KB 1: Perencanaan, Strategi dan Tujuan

Ada tiga komponen penting dalam strategi organisasi, yaitu Perencanaan strategi, Tujuan strategi, dan Strategi organisasi itu sendiri. Proses penyusunan strategi menurut William P. Anthony (1985) memiliki beberapa tahapan:

- Analisis dan prediksi lingkungan
- Analisis konsumen dan pasar
- Premis-premis perencanaan strategis
- Penilaian kondisi internal organisasi
- Pengembangan misi
- Strategi dan Tujuan
- Operasionalisasi rencana

B. KB 2: Jenis, Klasifikasi, dan Dampak Strategi

Ada beberapa pandangan teoritisi organisasi terhadap strategi yang penting untuk dipelajari, di antaranya dari:

- Alfred Chandler
- Raymond Miles & Charles Snow
- Michael E. Porter

Strategi umumnya dibuat dalam tiga tingkatan organisasi:

1. Level Fungsional: Strategi di tingkat departemen (misal: strategi pemasaran, strategi SDM).
2. Level Bisnis: Strategi di tingkat unit bisnis (bagaimana bersaing di satu pasar tertentu).
3. Level Korporasi: Strategi di tingkat perusahaan induk (bisnis apa yang akan kita masuki atau tinggalkan).

C. KB 3: Perspektif Strategi dan Kegagalan

Ada beberapa aliran (perspektif) dalam memandang proses perumusan strategi:

- Aliran Desain (the Design School): Memandang strategi sebagai proses pencocokan antara kekuatan internal organisasi dengan peluang eksternal.
- Aliran Perencanaan (the Planning Schools): Memandang strategi sebagai proses formal, sistematis, dan terencana (top-down).
- Aliran Entreprenual (the Entrepreneurial schools): Memandang strategi sebagai proses visi dan intuisi dari seorang pemimpin (entrepreneur).

Sebuah strategi organisasi dapat gagal dilaksanakan jika:

- Visi dan misi tidak dapat dijabarkan dengan baik.
- Terjadi ketidaksesuaian antara strategi dengan tujuan organisasi.
- Terjadi ketidaksesuaian antara strategi dengan alokasi sumber daya.
- Umpan balik yang diterima terlalu taktis (kurang strategis).


Diskusi Sesi 5

Fokus Penuhi Kebutuhan Nasabah, Bank Mandiri Sabet Penghargaan Marketing Company of the Year 2023 versi AMF...

Berikan penjelasan tiga jenis strategi yang Bank Mandiri lakukan sesuai dikemukakan oleh Porter jika dihubungkan dengan core competence Bank Mandiri. Lalu bandingkan ketiga pendekatan tersebut dengan strategi analyzer yang dikembangkan oleh Miles dan Snow! Apakah ada persamaan diantara keduanya? Berikan Penjelasan.


Tugas 2

Kasus PT PLN (Persero)

...PLN berkomitmen menjalankan transisi energi sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi Indonesia... searah dengan visi Asta Cita dari Presiden Prabowo Subianto yang juga menuju swasembada energi berkelanjutan... Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT) yang sangat besar, mencapai 13,8 terawatt (TW)... PLN telah merancang pengembangan kapasitas energi terbarukan hingga 75 Gigawatt (GW) pada tahun 2040... merancang pembangunan jaringan transmisi listrik bertajuk Green Enabling Transmission Line sepanjang 70 ribu kilometer sirkuit (kms)... menyiapkan teknologi Smart Grid...

Pertanyaan:

1. Kita dalam suatu organisasi PLN membutuhkan tujuan. Menurut Etzioni ada beberapa fungsi tujuan dan jenisnya:
a. Jelaskan fungsi tujuan menurut Etzioni bagi PLN (Skor 20)
b. Jenis-jenis tujuan dan aplikasi nyata dalam organisasi PLN (Skor 20)

2. Setiap organisasi perlu menetapkan strategi untuk mencapai tujuan organisasi PLN
a. Jelaskan pengertian strategi secara umum di PLN (Skor 15)
b. Jelaskan mengapa strategis setiap organisasi berbeda-beda. Sebutkan startegi PLN (Skor 15)

3. Untuk membuat strategi organisasi PLN berlangsung dengan baik sesuai tujuan organisasi. Terdapat beberapa persfektif startegi.
a. Aliran perencanaan, jelaskan persektif ini dan contoh dalam kehidupan sehari-hari di PLN (Skor 15)
b. Aliran entrepreneurial, jelaskan dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari di PLN (Skor 15)

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar